jump to navigation

Beasiswa Okazaki Kaheita Jepang September 11, 2007

Posted by lumierre9 in useful information.
trackback

Okazaki Scholarship Candidates 2007 (Shangri-La Hotel Jakarta)

Buat yang berminat untuk ngelanjutin studi Master (S-2) ke Jepang, terutama mahasiswa ITB, IPB, UI, dan UGM, mungkin beasiswa ini bisa jadi pilihan yang bagus. Beasiswa ini dikasih ama lembaga yang namanya The Okazaki Kaheita International Scholarship Foundation.

Lama beasiswa ini 3 tahun, meliputi 1 tahun sekolah bahasa dan 2 tahun kuliahnya. Semua biaya masuk, biaya ujian, dan biaya kuliah ditanggung sama Foundation, dan tiap bulannya dapet 100,000 yen selama sekolah bahasa dan 120,000 yen selama kuliah. Sebelumnya juga dikasih 100,000 yen sebagai initial funds. Tiket pesawat dikasih untuk pergi dan pulang dari negara asal ke Jepang dgn ANA airline untuk pertama berangkat dan setelah selesai. Waktu tahun kedua juga dapet tiket pesawat untuk pulang-pergi ke negara asal. Selama sekolah bahasa, penerima beasiswa tinggal di asrama ANA, dan waktu kuliah, utk yg kuliahnya di sekitar Yokohama dan Osaka harus tetep tinggal di asrama, tapi kalo di luar kota-kota itu biaya tempat tinggal juga ditanggung Foundation. Biaya transportasi umum dari tempat tinggal ke universitas juga ditanggung. Terus yang paling asyik, tiap tahunnya penerima beasiswa bakal dapet jalan-jalan ke daerah-daerah di Jepang.

Berdasarkan testimoni dari salah satu alumnus yang pernah mendapat beasiswa ini, dengan beasiswa yang ada seseorang sudah bisa hidup dengan enak di Jepang. Jika dibandingkan dengan beasiswa Monbukagakusho, alumnus tersebut mengatakan “kalau dapat beasiswa Monbukagakusho diirit-irit kita yang untung, tapi kalau ini diirit-irit kita malah rugi”. Memang sih, kalau diliat dapetnya banyak banget tuh.

Tapi ya untuk dapetnya juga ngga segampang yg Monbukagakusho. Pertama, yang bisa daftar utk beasiswa ini cuma dari universitas2 terpilih, yg udah disebutkan di atas, yaitu ITB, IPB, UI, dan UGM. Kedua, memang saingannya jadi lebih sedikit (dari tiap univ cuma diterima 5 pendaftar), tapi peluangnya juga lebih sedikit, karena yang bakal diterima cuma 1 orang. Saya bbrp waktu yang lalu daftar utk beasiswa ini dan yang datang waktu interview cuma 12 orang. Dari jumlah mungkin terlihat sedikit, tapi kalau dilihat peluangnya, 1/12, ngga sampe 10%!! Dan satu hal lagi, untuk Indonesia, beasiswa ini cuma ditawarkan 3 tahun sekali. Jadi karena tahun ini sudah ditawarkan, bagi yang berminat siap2 saja untuk daftar 3 tahun lagi. Pendaftaran biasanya dibuka awal tahun, jadi kemungkinan beasiswa ini dibuka untuk Indonesia berikutnya awal tahun 2010.

Mengenai seleksinya, setelah memasukkan dokumen yang diperlukan, pendaftar akan dipanggil untuk tes tertulis dan interview (di hari yang bersamaan). Tes tertulisnya menulis essay dan matematika. Keduanya dalam bahasa Inggris. Lalu ada juga interview seperti seleksi beasiswa pada umumnya. Yang melakukan interview semuanya adalah profesor2 yang masih mengajar di universitas Jepang. Waktu saya interview kemaren ada 4 orang profesor, ada yg dari Toudai (Tokyo University), Tokyo Institute of Technology, Waseda University, dan Kyoto University. Untuk interview, pasang telinga baik2 aja, karena ngga semua dari profesor tsb bahasa Inggrisnya bagus. Dari 4 orang yg menginterview saya aja cuma 1 yang English pronunciationnya bagus, tapi untungnya saya sebelumnya punya pengalaman ngobrol2 sama banyak orang Korea yang pronunciationnya belepotan juga jadi udah biasa nangkep omongan mereka. Tapi mereka terima interview dalam bahasa Jepang juga, jadi kalo udah bisa bahasa Jepang bisa membantu juga tuh.

Untuk informasi lebih lengkap bisa lihat di official websitenya: http://www.okazakizaidan.or.jp (bahasa Jepang)

Comments»

1. adhe - July 15, 2008

Senengnya bisa Sekolah diJepang, impian saya yg belum terwujud..Hee..
Siapapun yang ada diFoto..Saya ucapkan Ganbatte nee..Masih ada halangan n rintangan didepan..semoga kalian sukses semua Amieen.
Banyaknya Mahasiswa Indonesia diLuar negeri itu membuktikan salah satu kekurangan pendidikan di Indonesia, Kuliah Mahal bgt..Lulusan S2 atau S3 bahkan DR/Prof. yang sama sekali kurang dihargai di Indonesia Mau Ga mau hrs nyari alternatif yang berjudul Beasiswa..
Semoga pemerintah berubah..Kalo tidak, jangan salahkan orang Indonesia yg bekerja diLuar negeri dengan gaji yang besar, jg salahkan karya org Indonesia/paten yang dibeli oleh org Luar

dari Mahasiswa Teknik Sipil UNILA

2. juliana putri - December 21, 2008

saya juliana,mahasiswa universitas negeri malang
apakah saya ada peluang untuk mendapatkan beasiswa tersebut?tolong informasi dan persyaratan dikirim ke e_mail saya
terima kasih

3. Rien - May 6, 2009

Wah suatu kebanggaan tersendiri bisa sklh pa lg dpt beasiswa k jepang…
Saya minta saran ma info soal beasiswa ini donk, jg tlg beri tahu apa aja persyaratannya….
Blz d email saya,
Sebelumnya saya ucapkn trmksh,
Sukses selalu,

4. aguma - June 14, 2009

wah, asyik banget… bisa jalan-jalan juga ya bang… impian aku banget. ngomong2 punya tips g supaya bisa lulus?

kasih tahu donk?

thanks. ^^

5. sadip_ta - July 23, 2009

saya sari dwi puspita,
saya tertarik banget mau dapet beasiswa ke jepang
pasti rasanya seru,,,apa lagi biayanya di tanggung oleh foundation.

saat ini saya sedang berada di semester 7.

mohon informasinya yah,,,

tolong kirim ke email saya ,

Thanks Before yah

6. Efrita - August 7, 2013

saya Efrita, alumni UI. saya berniat untuk lanjut s2 ke Jepang dan sepertinya beasiswa ini menjadi salah satu alternatif saya hehe. boleh saya tau detailnya ttg beasiswa ini? apa aja requirementsnya? dokumen apa aja yg harus disiapkan? kemudian kapan mulai pembukaan pendaftarannya?

email saya efrita.mahrami@gmail.com. Saya tunggu balasan via email aja ya 🙂

Terima kasih atas info bermanfaatnya ya :). Semoga kita semua bisa sukses. Aamiin


Leave a Reply

